Data Dan Fakta Keberkembangan Ponpes Di Indonesia

Pondok Pesantren (Ponpes) di Indonesia terus tumbuh dan berkembang. Sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, sampai saat ini pesantren tetap eksis bahkan terus berkembang, baik dari sisi kuantitas pesantren, kuantitas santri, kualitas kurikulum pesantren maupun kualitas santri lulusannya. 

Kemudian pasca reformasi, lulusan pesantren di Indonesia sangat kelihatan tajinya. Kiprah mereka di berbagai lini kehidupan sangat tampak. Yang semula hanya tampak berkiprah di bidang keagamaan, humaniora, sosial, dan budaya; kini sudah sangat terang alumni pesantren berkiprah di berbagai bidang kehidupan, mulai dari politik, teknologi, pemerintahan, ekonomi, pertanian, kelautan, dan lain-lain. Baik kiprah yang sifatnya lokal, nasional, bahkan kiprah di dunia internasional.

Data Pondok Pesantren di Indonesia

Data Kementerian Agama Republik Indonesia di Statistik Ditpdpontren menyebutkan bahwa jumlah pondok pesantren di Indonesia sebanyak 26.975 pesantren dengan jumlah santri 2.584.749 santri. Jumlah santri-mukim sebanyak 1.412.428 anak dan santri yang tidak mukim sebanyak 1.172.321 anak. Tentu saja ini yang terdata, yang belum terdata sangat mungkin masih banyak.

Di bawah ini pondok pesantren di Indonesia di 10 Provinsi dengan jumlah terbanyak, antara lain:

      1. Jawa Barat ada 8.343 pesantren, dengan jumlah santri 455.715 santri.

      1. Banten ada 4.579 pesantren, dengan jumlah santri 156.939 santri.

      1. Jawa Timur ada 4.452 pesantren, dengan jumlah santri 564.299 santri.

      1. Jawa Tengah ada 3.787 pesantren, dengan jumlah santri 507.980 santri.

      1. Aceh ada 1.177 pesantren, dengan jumlah santri 175.896 santri.

      1. Nusa Tenggara Barat ada 684 pesantren, dengan jumlah santri 249.842 santri.

      1. Lampung ada 677 pesantren, dengan jumlah santri 64.251 santri.

      1. DI Yogyakarta ada 319 pesantren, dengan jumlah santri 45.129 santri.

      1. Sumatera Selatan ada 317 pesantren, dengan jumlah santri 68.389 santri.

      1. Sulawesi Selatan ada 289 pesantren, dengan jumlah santri 73.704 santri.

    Sebagai tambahan, meskipun Jawa Timur menempati rangkin ketiga terkait jumlah Pondok Pesantren, namun memiliki santri paling banyak, yaitu sejumlah 564.299 santri, terdiri dari santri mukim sebanyak 323.293 santri dan yang tidak mukim sejumlah 241.006 santri.

    Pesantren Indonesia Milenial di Jawa Tengah

    Dari seluruh propinsi dengan jumlah pesantren Indonesia terbanyak, Jawa Tengah menempati urutan keempat, yaitu tercatat ada 3.787 pesantren, dengan jumlah santri 507.980 santri. Mengacu data BPS Jateng 2021, di Jawa Tengah terdapat 3.723 pondok pesantren. Sementara di Kabupaten Pemalang, tercatat ada sekitar 164 pesantren dengan jumlah santri sebanyak 20.948 santri. Salah satunya adalah Pondok Pesantren Nihadlul Qulub, yang terletak di kaki Gunung Slamet, tepatnya di Jl. Soka RT. 01/01 Desa Moga, Kec. Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

    Salah satu model pesantren Indonesia ini berdedikasi menggabungkan tradisi dan modernitas. Selain mengajarkan ajaran dan praktik Islam tradisional, Pesantren Nihadlul Qulub juga menawarkan kurikulum modern. Kegiatan keagamaan seperti menghafal Al-Quran dan kajian keislaman menjadi fokus utama di pesantren ini.

    Selain itu, Pondok Pesantren di Jawa Tengah ini juga memiliki program pemberdayaan diri (self development) yang terdapat dalam buku Teknologi Ruh, karya pengasuh pesantren Ali Sobirin El-Muannatsy. Program ini bertujuan untuk membantu santri untuk memiliki ketangguhan sikap maju-ningkat berbasis nilai-nilai kejujuran, disiplin, kerja keras, dan tanggung jawab.

    Kurikulum Milenial

    Perkembangan pesantren di Indonesia, begitu luar biasa. Pesantren Indonesia terus mengikuti perkembangan zaman, yaitu dengan menawarkan berbagai konsep pendidikan yang kompatibel dengan perkembangan zaman. Konsep pendidikan di pesantren Indonesia terus beradaptasi membangun kapasitas santri yang memiliki skill relevan dengan kebutuhan masyarakat modern.

    Salah satu contohnya adalah Pondok Pesantren Nihadlul Qulub. Salah satu pesantren di Indonesia ini berdedikasi menumbuh-kembangkan kemandirian santri di era milenial melalui keterampilan aplikatif, seperti pemecahan masalah, kreativitas, kewirausahaan, kecakapan interpersonal, dan kecakapan digital.

    Di salah satu pondok di Indonesia ini, santri dididik untuk mengalami langsung dan praksis, seperti di bidang teknologi digital, pemrograman, dan desain grafis, serta penggunaan media sosial atau platform digital lainnya untuk branding dan mempromosikan suatu karya. Dengan memahami dan menguasai teknologi informasi dan digital, santri menjadi lebih siap menghadapi dunia nyata dan kebutuhan masyarakat modern yang semakin kompleks.

    Selanjutnya, Pondok Pesantren Nihadlul Qulub juga menekankan pada pengembangan kecakapan dalam pemasaran. Di salah satu pesantren Indonesia ini, santri dilatih untuk secara aplikatif dan mandiri demi keunggulan kompetitif di dunia profesional atau wirausaha. Melalui pola didik milenial, Ponpes Nihadlul Qulub ikut berperan dalam membangun generasi yang mumpuni di era digital.

    Membangun Mental Rahmatan lil ‘Alamin

    Sebagai salah satu pesantren di Indonesia, PP Nihadlul Qulub menyadari bahwa ada kelemahan mendasar di mental bangsa ini. Suka atau tidak, sebetulnya Indonesia memiliki khazanah luar biasa, namun pada kenyataannya berbagai khazanah tersebut tidak terdistribusi secara masif ke kancah internasional.

    Ada kebelum-tajaman visi. Ini yang kemudian membentuk karakter dalam bermetodologi gerakan yang lembek dan kurang tajam. Visi rahmatan lil ‘alamin belum mampu terelaborasi secara lebih konkret dan praksis.

    Visi tersebut merupakan titah untuk memberi kemanfaatan sebaik-baiknya, sebanyak-banyaknya, dan seluas-luasnya kepada kehidupan. Kemanfaatan ini perlu diproduksi secara lebih nyata, berupa memberikan pelayanan atau melayani kehidupan melalui karya atau produk, baik berupa barang, jasa, maupun nilai.

    Adapun Ponpes Nihadlul Qulub berpartisipasi ke arah sana. Untuk menjadi salah satu pesantren di Indonesia yang membangun generasi bervisi memberi dan melayani kehidupan. Wujudnya adalah bagaimana menyajikan kebaikan kepada seluas-luasnya masyarakat dengan produk yang nyata-nyata ada dan seabreg di sekeliling kita. Dari sinilah kemudian salah satu pesantren di Indonesia ini mengambil dedikasi di ranah membangun mental pemasaran generasi. Dengan motto pemasaran merupakan salah satu kunci untuk hidup dan memberi lebih baik.

    Dan pada ahirnya, Sebagai salah satu pesantren Indonesia, Ponpes Nihadlul Qulub menyadari bahwa lemahnya bangunan mental pemasaran bangsa ini menyebabkan khazanah kita kurang masif menembus pasar dunia. Dan, suka atau tidak, pendidikan kita kurang berorientasi pada pemasaran atau rahmatan lil ‘alamin yang konkrit.

    Dalam membangun mental pemasaran, Ponpes Nihadlul Qulub mengajarkan para santri untuk memiliki kepercayaan diri, keyakinan terhadap produk, dan kemampuan memanfaatkan karya diri untuk kepentingan masyarakat. Selain itu, di dalam mental pemasaran terdapat kejelian terhadap situasi, kepekaan terhadap kesadaran melayani, dan kemampuan untuk mengemas dan memengaruhi.

    Dengan membangun mental pemasaran, Ponpes Nihadlul Qulub berharap para santri dapat memiliki keteguhan dalam membangun jejaring dan berkolaborasi dalam melayani kehidupan sebaik-baiknya. Sehingga, para santri dapat memanfaatkan karya mereka dengan baik untuk kepentingan dakwah, karir profesional, dan wirausaha.*

    ————————-

    Anda dapat melihat salah satu aktivitas pesantren Ponpes Nihadlul Qulub di tautan berikut: Aktivitas Ponpes Nihadlul Qulub.

    Terkait artikel-artikel lain, seperti opini seputar keagamaan, kepesantrenan, pengembangan diri, termasuk perihal teknologi milenial; silahkan klik tautan ini: Blog Nihadlul Qulub.

    Bagi Anda yang ingin mengetahui kilasan buku self development karya pengasuh pesantren, dapat dikroscek di tautan ini:

        1. Resensi Buku TEKNOLOGI RUH: Panduan Teknis untuk Mengawal Masa Depan

        1. Ulasan Buku TEKNOLOGI RUH: Panduan Teknis Mengawal Masa Depan

      Dipersembahkan oleh TE-PPNQ ® 2023

      [Tim Editor Pondok Pesantren Nihadlul Qulub]

      Jl. Soka, RT. 01/01 Desa Moga

      Moga, Pemalang, Jawa Tengah

      WA. 0821 1706 8566

      1 thought on “Data Dan Fakta Keberkembangan Ponpes Di Indonesia”

      1. Pingback: Sholat Tahajud: Tata cara dan Doanya - Pesantren Web Indonesia

      Leave a Comment

      Your email address will not be published. Required fields are marked *

      Chat Via Whatsapp
      CS Kami
      Tertarik Untuk Mengikuti Program Kami??
      Buruan Chat Kami :)