Fotografi untuk Skill Dakwah dan Mandiri Finansial

seni fotografi di Pesantren Nihadlul Qulub

Fotografi menjadi salah satu materi pelatihan dalam program “Pasaran Ramadhan” meramaikan bulan suci Ramadhan 1445 H di Pondok Pesantren (PP) MANIQU (Ma’had Nihadlul Qulub) Pemalang, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen pesantren dalam membekali santri dan masyarakat dengan ilmu dan keterampilan yang dibutuhkan di era modern. Salah satu fokus utama Pasaran Ramadhan 2024 adalah pendidikan kemandirian ekonomi dan finansial berbasis digital.

Pengasuh PP MANIQU, Ali Sobirin El-Muannatsy (Mas Also), menjelaskan bahwa kemandirian ekonomi merupakan salah satu pilar penting dalam kehidupan beragama. “Sebagai umat Muslim, kita dituntut untuk menjadi kuat, termasuk kuat finansial,” ujarnya. Oleh karena itu, Pasaran Ramadhan 2024 akan memberikan pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan ekonomi peserta.

Fotografi sebagai Pijakan Awal Dakwah Digital dan Promosi Produk

Tema pelatihan yang diselenggarakan Pesantren Nihadlul Qulub kali ini adalah Kreasi Konten untuk Dakwah Digital dan Promosi Produk. Fotografi dan videografi menjadi salah satu materi pelatihan yang menjadi dasar kreasi konten. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan membuat konten yang menarik dan efektif, baik untuk tujuan dakwah maupun promosi produk.

“Di era digital ini, dakwah tidak hanya bisa dilakukan secara konvensional, tetapi juga melalui media sosial dan platform online lainnya,” jelas Mas Also. “Dengan pelatihan ini, peserta diharapkan mampu memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan pesan-pesan kebaikan dan mempromosikan produk-produk yang bermanfaat secara online, baik produk sendiri maupun produk orang lain, baik yang berada di sekitarnya maupun yang berada di marketplace.”

pose peserta pelatihan fotografi di Pesantren Nihadlul Qulub

Narasumber Berpengalaman

Tema fotografi dan videografi dimentori oleh Ulinuha, seorang praktisi fotografi profesional dari Slawi, Tegal. Ulinuha memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang fotografi.

“Saya sangat senang bisa berbagi ilmu dan pengalaman fotografi dan videografi saya kepada peserta pelatihan,” ujar Ulinuha. “Saya berharap pelatihan ini dapat membantu peserta mengembangkan keterampilan fotografi mereka dan memanfaatkannya untuk dakwah digital dan promosi produk.”

Target Peserta dan Fasilitas Pelatihan

Pelatihan diikuti oleh para remaja putus sekolah dan siswa Aliyah dari wilayah Pemalang, Tegal, Brebes, Jepara, Boyolali, Karanganyar, dan Solo. Peserta tidak dipungut biaya karena pelatihan ini merupakan bagian dari gerakan free education PP MANIQU.

Peserta mendapatkan berbagai fasilitas selama pelatihan, seperti laboratorium digital marketing, ruangan ber-AP (angin pegunungan), dan akses internet gratis. Selain itu, pesantren juga menyediakan sahur dan takjil-buka untuk peserta.

PP MANIQU mengharap peserta Pasaran Ramadhan 2024 dapat meneruskan hasil pembelajaran yang telah mereka dapatkan untuk mengembangkan dakwah serta keterampilan ekonomi dan finansial mereka. Melalui skill yang sudah mereka dapatkan, PP MANIQU berharap kepada peserta untuk mampu menjadi individu yang mandiri dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

“Peserta sudah mendapatkan beberapa materi kunci untuk dapat terjun dalam dunia digital marketing, namun sifatnya masih teknikal,” jelas Mas Also. “Mereka perlu terus berlatih untuk menajamkan sisi seni dan artistiknya. Semakin sering digunakan, maka hasil karya mereka akan makin lembut,” imbuhnya.

Pelatihan ini membekali skill teknis digital marketing secara teori dan lebih banyak praktek. Secara berulang-ulang mereka melakukan tugas fotografi dan editing. Dan, perkembangannya sangat kelihatan. “Dari yang semula tidak tahu apa-apa dan serba gagap, secara perlahan peserta dapat memahami dan kemampuan hasil jepretan serta editan mereka pun mulai tampak,” pungkas Mas Also.

Fotografi merupakan salah satu materi dalam pelatihan digital marketing ini. Selain itu ada materi videografi, disain grafis, drama dan skript, landing page, keywords, dan marketplace seperti FB marketplace dan tokopedia serta FB Ads dan TikTok Affiliate yang di mentori oleh para praktisi di bidangnya masing-masing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Via Whatsapp
CS Kami
Tertarik Untuk Mengikuti Program Kami??
Buruan Chat Kami :)