Idul Fitri 2024: Amanah Zakat dari Belgia kepada PP MANIQU

Amanah Zakat di Idul Fitri 2024 kepada PP MANIQU

Menyambut datangnya Idul Fitri 2024, semangat berbagi dan kepedulian sosial meningkat. Sebuah amanah zakat dari Majlis Ta’lim Darul Yakin, Belgia, di bawah asuhan Prof. Dr. KH. Ayang Utriza Yakin. Amanah zakat ini diterima dan disalurkan oleh Yayasan Nihadlul Qulub Indonesia, yang salah satu fokusnya adalah pendidikan, di antaranya PP MANIQU [Ma’had Nihadlul Qulub] di Moga, Pemalang, Jawa Tengah yang fokus di bidang Tahfidzul Qur’an, Kitab Kuning, dan Digital Marketing.

Menerima Amanah Zakat di Idul Fitri 2024

Dalam menyambut Idul Fitri 2024, Yayasan Nihadlul Qulub Indonesia [YNQI] menerima amanah zakat dari Majlis Ta’lim Darul Yakin, Belgia. Amanah zakat ini terdiri dari zakat fitrah dari para jamaah Majlis Ta’lim Darul Yakin, seperti Tutus Sri Endah bin Suyahmin, Suyahmin bin Kaeran, Siti Muslimah bin Ngalimundakir, Patrick Roose, Natlia Busschodts binti Patrick Busschodts, Raphael Busschodts bin Patrick Busschodts, Wesley Vantieghem, Rezki Amalia binti Hayadhi Nyomba, Harika Vantieghem binti Wesley Vantieghem, Hilana Vantieghem binti Wesley Vantieghem, Soesilarsih binti Moersatoen, Rosita Oktaviani binti Kosasih, Savitri Dyah Wardhani binti Joesoepadi, Peter Vandenbruaene bin Floris, dan Fat Listanti bini Subagio. Selain itu, juga terdapat infak sedekah dari Mr. Patrick Busschodts.

“Amanah zakat ini kami terima dengan penuh rasa syukur dan tanggung jawab untuk menyalurkannya kepada mustahik yang berhak menerimanya,” ungkap Ali Sobirin El-Muannatsy, Ketua YNQI sekaligus pengasuh PP MANIQU, yang biasa disapa Mas Also.

Menyinari Kehidupan Mustahik

Mengacu pada Q.S. At-Taubah: 60, amanah zakat ini disalurkan kepada sejumlah mustahik pada tanggal 7-8 April 2024. Mustahik yang menerima amanah zakat kali ini antara lain fuqara masakin, yang terdiri dari para janda dan pekerja serabutan, serta mujahid fi sabilillah, yang terdiri dari guru ngaji dan guru Raudlatul Athfal di Desa Kebandingan, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Ustadzah Faridah, seorang guru RA penerima amanah zakat, menyampaikan rasa terima kasihnya, “Alhamdulillah, dengan amanah zakat ini, kami para guru ngaji dan guru Raudlatul Athfal bisa sedikit terbantu dalam menjalani pengabdian mengajarkan ilmu agama kepada anak-anak.”

Menyalurkan Amanah Zakat di Idul Fitri 2024

Amanah zakat dari Majlis Ta’lim Darul Yakin, Belgia, ini dikoordinasi oleh PP MANIQU dengan koordinator Ustadz Ahmad Jamil. Peran pesantren milenial ini sangat penting dalam menjembatani dan menyalurkan amanah zakat dari luar negeri kepada mustahik di wilayah sekitar pesantren.

“Kami merasa terhormat bisa menjadi perantara dalam menyalurkan amanah zakat ini. Ini sejalan dengan visi kami untuk mencetak generasi rahmatan lil ‘alamin, yang inklusif dan bermanfaat nyatya bagi masyarakat,” tutur Mas Also.

Dengan pengelolaan yang amanah dan tepat sasaran, amanah zakat ini diharapkan dapat membawa berkah dan manfaat bagi para mustahik, serta menginspirasi semangat berbagi dan kepedulian sosial di masyarakat.

“Amanah zakat dari Belgia ini menunjukkan bahwa semangat berbagi dan kepedulian sosial tidak mengenal batas negara. Semoga ini menjadi contoh baik bagi kita semua untuk terus berbagi dan membantu sesama,” pungkas Mas Also.

Digital Marketing di PP MANIQU

Pada Idul Fitri 2024 ini PP MANIQU sedikit semarak. Selain amanah koordinasi zakat, selama ramadhan pesantren menggelar pasaran milenial dengan tema khusus Pelatihan Kreasi Konten Video Drama Pendek untuk Dakwah Digital dan Promosi Produk. Pelatihan yang berlangsung selama bulan ramadhan ini, sejak 19 Maret – 2 April 2024 secara gratis.

kelas digital marketing di PP MANIQU sebelum Idul Fitri 2024

Selama setengah bulan, para peserta yang terdiri dari para remaja tingkat SLTA dan remaja putus sekolah, belajar digital marketing di PP MANIQU; dengan tujuan mereka dapat memiliki skill teknologi digital sebagai sarana dakwah sekaligus sarana membangun kemandirian finansial.

Idul Fitri 2024: Mohon Maaf Lahir Batin

Segenap pengurus PP MANIQU mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kiprah dan perjuangan PP MANIQU. Di hari yang suci ini, kami segenap pengurus Yayasan Nihadlul Qulub Indonesia dan Pondok Pesantren [PP] MANIQU [Ma’had Nihadlul Qulub] mengucapkan: Mohon Maaf Lahir Batin.

Ucapan Idul Fitri 2024 dari PP MANIQU

Kami berdoa semoga amal ibadah Anda semua diterima oleh Allah swt. dan mendapatkan karunia rezeki yang berlimpah berkah serta anak-cucu sholeh-sholehah. Amien ya Rabb al-alamin.*

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Via Whatsapp
CS Kami
Tertarik Untuk Mengikuti Program Kami??
Buruan Chat Kami :)