Ngaji pasaran unik Nihadlul Qulub

Ngaji pasaran di Pondok Pesantren Nihadlul Qulub Moga Pemalang Jawa Tengah pada 10-13 April 2023 unik menyasar kalangan milenial. Ngaji ramadhan ini dikemas dalam bentuk pelatihan.

Tema yang diusung pada ngaji pasaran Ramadhan 1444 kali ini adalah Mahir Website dan SEO. Pada tahun-tahun sebelumnya juga bertema serupa dengan menyasar kepakaran teknis di bidang disain grafis, videografis, dan medsos.

Banyak hal unik dalam proses ngaji pasaran yang dikemas dengan pelatihan singkat ini. Tidak sekadar keterbatasan fasilitas digital seperti sarana akses internet, namun yang lebih seru adalah pengetahuan peserta yang memang masih sangat belia di bidang website.

Kelas private dalam ngaji pasaran Pesantren Nihadlul Qulub

Ngaji ramadhan 1444 H ini dibuka untuk umum namun secara terbatas, yaitu hanya untuk 20 peserta milenial dengan pola kelas publik. Namun, fakta yang terjadi di lapangan adalah model kelas private.

Dalam aktivitas ngaji pasaran, tutor membimbing pelan-pelan kepada para peserta, satu demi satu, muter terus begitu, memberi petunjuk dan membenahi keliru pencet yang dilakukan oleh peserta. Benar-benar sangat seru.

Kami merasa beruntung kelas ini diampu oleh para tutor yang selain piawai di bidangnya, juga memiliki sikap yang ngemong dan sangat sabar mendampingi peserta.

Banyak pakar di bidangnya, namun yang telaten mendampingi peserta, apalagi mau meluangkan waktu secara probono, tentu tidak mudah ditemui.

Serba-serbi ngaji ramadhan 1444 H di Pesantren Nihadlul Qulub

Ngaji di bulan ramadhan kali ini benar-benar seru, banyak serba-serbi yang kami alami. Kendala jaringan internet, karena memang di pesantren belum ada jaringan WiFi, kami siasati dengan tethering dari ponsel masing-masing, yang ketika sedang menginstal suatu plug-in atau thema, loadingnya muter-muter sampai lama, bahkan beberapa kali satu plugin diinstal berulang-ulang karena ngadat.

Selain ponsel sederhana, kendala fasilitas lain adalah laptop peserta sendiri yang memang seadanya. Karena pesantren belum memiliki fasilitas laptop, maka peserta diwajibkan membawa laptop sendiri-sendiri. Kami tahu persis, laptop yang mereka bawa bukan milik sendiri, tapi laptop pinjaman.

Untuk meminimalisir loading ke jaringan internet, latihan membuat website kami siasati dengan local host dengan tool Xampp, tidak lain supaya ketika membangun website tidak terganggu oleh jaringan.

Semua keunikan itu dapat kami nikmati sebagai hiburan ngaji di bulan ramadhan, yang penting terus berlatih. Suatu proyek yang hilang, dimanfaatkan untuk pendalaman dengan cara mengulang dari awal. Kelelahan tutor terkikis oleh sebab antusiasme peserta yang pantang menyerah. Termasuk ketika listrik mati, yang ternyata oleh sebab kuota habis, proses belajar terus berlangsung.

Ngaji Ramadhan kali ini, yang sedianya akan memfasilitasi masing-masing peserta dengan hosting dan domain profesional berbayar, oleh sebab keterbatasan anggaran, akhirnya dengan hosting dan domain yang free alias gratis. Memang tidak sempurna, namun cukup efektif untuk kepentingan belajar.

Pokoknya seru. Keseruan ini dibumbui dengan hidangan buah nangka. Nangka Warung Pring memang sudah sangat terkenal sebagai nangka yang sangat manis.

Keragaman materi ngaji di bulan ramadhan

Kegiatan yang didukung oleh Bank Mandiri ini diikuti oleh kalangan milenial dari berbagai kalangan, seperti pondok pesantren, karang taruna, dan komunitas masyarakat. Peserta berasal dari dua kabupaten, Tegal dan Pemalang.

Suasana natural berupa hamparan hijau kaki Gunung Slamet dan air yang sangat sejuk sangat mendukung suasana ngaji di bulan ramadhan di Ponpes Nihadlul Qulub.

Setiap malam peserta baru selesai pukul 23.30, dan mereka tetap semangat. Bahkan, pada malam terakhir, materi selesai pukul 03.30 dini hari, yang kemudian dilanjutkan dengan santap sahur.

Selain belajar skill marketing via website dan SEO (search engine optimization), ada beberapa materi lain yang sifatnya mental dan spiritual. Materi pembenahan mental menggunakan metode Teknologi Ruh, sebuah metode pemberdayaan diri hasil rumusan pengasuh pesantren, Ali Sobirin el-Muannatsy.

Teknologi Ruh adalah sebuah rumusan menata diri dimulai dari menata pikiran, menguatkan hati, dan meringankan gerak Maju-Ningkat.

Dengan rumusan Teknologi Ruh tersebut, Pondok Pesantren Nihadlul Qulub mengemban misi wujudnya karakter Islamy: kuat intelektual, kuat mental, kuat spiritual, kuat amal, dan kuat finansial.

Materi spiritual dilakukan dengan pendekatan dzikir. Dzikir yang dilantunkan adalah dzikir jalbur-rizki, suatu konsep dzikir untuk keberkahan hidup dan kelimpahan rejeki.

Aktivitas spiritual lain dalam ngaji pasaran 2023 ini adalah shalat tahajud. Hal ini kami tempuh agar senantiasa terjadi keseimbangan pertumbuhan kepribadian peserta.

Pesantren bekerjasama dengan SMK Al-Falah Moga

Pondok Pesantren Nihadlul Qulub pada Tahun Ajaran 2023/2024 ini membuka penerimaan santri baru secara terbatas, yaitu khusus laki-laki usia SLTA. Pesantren sudah bekerjasam dengan SMK Al-Falah Moga.

Bagi yang berkeinginan sambil bersekolah, dapat sekolah di SMK AL-FALAH MOGA, sebuah sekolah favorit di Pemalang Selatan. Ada lima jurusan yang dapat dipilih, antara lain agibisnis tanaman pangan & hortikultura, desain & produksi busana, akuntansi, teknik kendaraan ringan, dan teknik sepeda motor.

Hasil kerjasama dengan SMK Al-Falah, santri Pondok Pesantren Nihadlul Qulub dapat keringanan bebas biaya bulanan (SPP).

Bagi yang khusus mondok, dengan kelengkapan materi kepesantrenan seperti Tahfidzul Qur’an, aqidah, akhlaq, bahasa Arab, fiqih dan lainnya; santri masih tetap bersekolah secara formal melalui Kejar Paket C yang diselenggarakan oleh pesantren dengan kepakaran khusus di bidang digital marketing.

Bagi yang memiliki kendala biaya, pesantren menyediakan beasiswa mondok. S&K berlaku.*

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Via Whatsapp
CS Kami
Tertarik Untuk Mengikuti Program Kami??
Buruan Chat Kami :)