Pesantren Jawa Tengah Eksentrik

Pesantren Jawa Tengah ada banyak sekali, tercatat di Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng 2021, ada 3.722 pesantren di daerah tersebut. Salah satunya adalah Ponpes Nihadlul Qulub, terletak di kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Salah satu pondok pesantren Jawa Tengah ini terkenal karena aransemen kurikulumnya yang menggabungkan tradisi dan modernitas. Selain mengajarkan ajaran dan praktik Islam tradisional, pesantren Nihadlul Qulub juga menawarkan kurikulum modern. Kegiatan keagamaan seperti menghafal Al-Quran dan kajian keislaman menjadi fokus utama di pesantren ini.

Selain itu, salah satu pesantren Jawa Tengah ini juga memiliki program pemberdayaan diri (self development) yang terdapat dalam buku Teknologi Ruh yang ditulis oleh pengasuh pesantren. Program ini bertujuan untuk membantu santri untuk terus meningkatkan diri dengan didasari nilai-nilai kejujuran, disiplin, kerja keras, dan tanggung jawab.

Kurikulum Milenial

Ada satu pesantren Jawa Tengah yang turut mengikuti perkembangan zaman dengan menawarkan kurikulum milenial. Kurikulum ini difokuskan untuk memberikan keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan masyarakat modern kepada para santri. Salah satu contohnya adalah Pondok Pesantren Nihadlul Qulub yang mengajarkan pengembangan kemandirian santri di era milenial melalui keterampilan praktis seperti pemecahan masalah, kreativitas, kewirausahaan, kecakapan interpersonal, dan kecakapan digital.

Kurikulum milenial di satu pesantren Jawa Tengah ini berbeda dengan pendidikan konvensional yang lebih menekankan pada teori dan pengetahuan akademis. Santri diajarkan pengalaman langsung dan praktis seperti teknologi, pemrograman, dan desain grafis, serta penggunaan media sosial dan platform digital lainnya untuk mempromosikan suatu karya. Dengan memahami dan menguasai teknologi informasi dan digital, santri menjadi lebih siap menghadapi dunia nyata dan kebutuhan masyarakat modern yang semakin kompleks.

Selain itu, pesantren Jawa Tengah Nihadlul Qulub juga menekankan pada pengembangan keterampilan pemasaran. Santri yang memiliki keterampilan aplikatif dan kemandirian dapat memiliki keunggulan kompetitif di dunia profesional atau wirausaha. Dengan kurikulum milenial, Ponpes Nihadlul Qulub ikut berperan dalam mempersiapkan generasi milenial menghadapi tantangan di era digital dan informasi yang semakin berkembang.

Digital Marketing

Salah satu pondok pesantren Jawa Tengah, yaitu Ponpes Nihadlul Qulub, mengutamakan keterampilan-keterampilan praktis yang dapat diaplikasikan di era digital. Selain fokus pada pengembangan kemandirian, Pondok Pesantren ini juga menekankan pentingnya skill pemasaran, terutama dalam bidang digital marketing.

Kurikulum pendidikan di pesantren Jawa Tengah ini telah memasukkan materi digital marketing, seperti media sosial, SEO, SEM, dan email marketing, untuk membekali para santri dengan keterampilan memanfaatkan platform digital dalam branding dan promosi produk, termasuk produk dakwah.

Pondok Pesantren Nihadlul Qulub percaya bahwa dengan menguasai teknologi informasi dan digital serta strategi pemasaran yang efektif, para santri dapat menjadi agen perubahan yang bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, dan agama.

Keunikan Mental Pemasaran

Salah satu pondok pesantren Jawa Tengah yang bernama PP Nihadlul Qulub, menyadari bahwa dalam perjalanan produk dari ide hingga pemasaran, posisi yang paling penting adalah pemasaran. Oleh karena itu, mereka menekankan pentingnya membangun mental pemasaran sebagai salah satu kunci untuk hidup lebih baik.

Pesantren Jawa Tengah Nihadlul Qulub menyadari bahwa kelemahan bangunan mental pemasaran pada generasi saat ini menyebabkan sulitnya menembus pasar dunia. Mereka menyadari bahwa pendidikan yang tidak berorientasi pada pemasaran menjadi salah satu penyebabnya.

Dalam membangun mental pemasaran, Pondok Pesantren Nihadlul Qulub mengajarkan para santri untuk memiliki kepercayaan diri, keyakinan terhadap produk, dan kemampuan memanfaatkan karya diri untuk kepentingan masyarakat. Selain itu, di dalam mental pemasaran terdapat kejelian terhadap situasi, kepekaan terhadap kesadaran melayani, dan kemampuan untuk mengemas dan memengaruhi.

Dengan membangun mental pemasaran, Ponpes Nihadlul Qulub berharap para santri dapat memiliki keteguhan dalam membangun jejaring dan berkolaborasi dalam melayani kehidupan sebaik-baiknya. Sehingga, para santri dapat memanfaatkan karya mereka dengan baik untuk kepentingan dakwah, karir profesional, dan wirausaha.*

————————-

Anda dapat melihat salah satu aktivitas pesantren Jawa Tengah Nihadlul Qulub di tautan berikut: Aktivitas Ponpes Nihadlul Qulub.

Terkait artikel-artikel lain, seperti opini seputar keagamaan, kepesantrenan, pengembangan diri, termasuk perihal teknologi milenial; silahkan klik tautan ini: Blog Nihadlul Qulub.

Bagi Anda yang ingin mengetahui kilasan buku self development karya pengasuh pesantren, dapat dikroscek di tautan ini:

  1. Resensi Buku TEKNOLOGI RUH: Panduan Teknis untuk Mengawal Masa Depan
  2. Ulasan Buku TEKNOLOGI RUH: Panduan Teknis Mengawal Masa Depan

Dipersembahkan oleh TE-PPNQ ® 2023

[Tim Editor Pondok Pesantren Nihadlul Qulub]

Jl. Soka, RT. 01/01 Desa Moga

Moga, Pemalang, Jawa Tengah

WA. 0821 1706 8566

2 thoughts on “Pesantren Jawa Tengah Eksentrik”

  1. Pingback: Sholat Tahajud: Tata cara dan Doanya - Pesantren Web Indonesia

  2. Pingback: Birrul Walidain Mukjizat Kesuksesan - Pesantren Web Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Via Whatsapp
CS Kami
Tertarik Untuk Mengikuti Program Kami??
Buruan Chat Kami :)