Pesantren Murah Berkualitas

Pesantren murah berkualitas adalah pesantren dengan biaya terjangkau namun tetap mampu fokus pada proses pendidikan yang berkualitas. Pesantren murah berkualitas ini mendisain pola pendidikan yang memberikan ruang lebih kepada santri untuk berekspresi dan berkreasi serta khidmah di pesantren secara lebih natural dan mandiri.

Seperti halnya Pondok Pesantren Nihadlul Qulub, satu pondok pesantren murah berkualitas di kabupten Pemalang Jawa Tengah, tepatnya di desa Moga, kecamatan Moga. Pondok yang berada di kaki Gunung Slamet ini berbiaya murah dan berkualitas.

Pesantren Murah

Memang biaya rutin santri di pesantren murah ini sangat terjangkau. Ya, di sini pesantren memberikan subsidi. Bahkan, bagi santri yang benar-benar tidak mampu, subsidi dari pesantren bisa seratus persen, alias gratis tis.

Pesantren Berkualitas

Berkualitas, karena di pesantren murah ini menerapkan metodologi yang mencakup seluruh aspek kecerdasan manusia. Dan, pesantren memperlakukan santri secara setara. Tidak ada klasifikasi kelas atau kamar berdasarkan bayaran. Klasifikasi kelas justru mengacu pada perkembangan pembelajaran santri itu sendiri.

Untuk menelisik pesantren murah berkualitas Ponpes Nihadlul Qulub, itu dapat dimulai dari bangunan konseptual atau landasan pemikiran yang ada di balik pesantren ini. 

Visi

Visi pesantren murah ini adalah menjadi tempat tumbuh-kembang santri yang mampu mengimplementasikan visi Islam rahmatan lil ‘alamin, bertumpu pada kekuatan dan profesionalitas daya-potensi karunia ilahiahnya.

Ada tiga konsep pokok dari visi tersebut, yang dapat dibedah secara lebih rinci:

  • Menjadi tempat tumbuh-kembah santri. Artinya, pesantren murah ini menyadari betul berbagai aspek dalam struktur asasi manusia, seperti nalar, rasa, otot, dan tulang; semua itu selayaknya tumbuh berkembang secara seimbang.
  • Mampu mengimplementasikan rahmatan lil ‘alamin. Artinya, mampu memberi. Secara lebih jelas Anda dapat menilik tautan ini.
  • Bertumpu pada potensi karunia ilahiah. Artinya, pesantren mendampingi dan santri merupakan subyek-didik yang memiliki keunikan potensi masing-masing untuk tumbuh dan manfaat.

Misi

Pesantren murah ini mempunyai misi menjadi kawah candradimuka bagi optimalisasi lima kekuatan yang harus mempribadi pada diri seorang santri: kuat nalar [intelektual], kuat jiwa [mental], kuat spiritual, kuat fisikal [amal], dan kuat finansial.

Kuat Intelektual

Santri memiliki ketahanan diri dan berbahagia untuk secara terbuka [open-mind] terhadap hal baru dengan menjadikan mengaji, ngafsahi, belajar, membaca, berdiskusi, musyawarah, dan bahtsul masa’il sebagai tradisi dan gaya-hidup guna memupuk pengetahuan serta menguatkan penalaran dan makin menajamkan intelektualitasnya.

Kuat Mental

Santri memiliki ketahanan diri dan berbahagia untuk senantiasa meresapkan hal-hal baik ke dalam dirinya, dimulai dengan mentradisikan perasaan yang baik [good feeling] dan pikiran yang positif [positive thought] di dalam dirinya, berbahagia dalam istikomah meningkatkan kapasitas dirinya dengan keyakinan kuat “hari demi hari, di segala situasi, menjadi lebih baik, dan makin baik,” dan terus melatih karakter dalam memberikan pengaruh yang baik [good vibration] ke luar dirinya, baik melalui tulisan dan aneka bentuk karya lainnya yang juga diwujudkan dalam sikap dan perilaku keseharian.

Kuat Spiritual

Santri memiliki ketahanan diri dan berbahagia untuk senantiasa berproses, berkarya dan membangun kebaikan dengan memasrahkan segala hasilnya kepada Allah swt. sambil terus meresapi dirinya sebagai salah satu makhluk Allah swt. yang mendapat titah-hidup hanya untuk beribadah kepada-Nya, sekaligus sebagai pembawa risalah kebaikan dan cinta [rahman] dan kasih [rahim] Allah swt. bagi semesta-raya sesua daya-potensi yang melekat di dirinya.

Pesantren murah membangun Kuat Fisikal

Santri memiliki ketahanan diri dan berbahagia dalam mengoptimalkan daya-fisiknya merealisasikan karya dan baktinya dalam realitas kehidupan yang konkret, teknikan, dan detail; serta tekad kemanfaatan dirinya, sesuai hobi dan hasrat [passion]nya di tengah tumbuh-kembangnya kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Santri pesantren murah: Kuat Finansial

Santri memiliki ketahanan diri dan berbahagia dalam rutinitas latihan membangun cash-flow melalui jalur perdagangan dan investasi untuk kemandirian keuangan dirinya, terus meresapkan nilai “tangan di atas itu lebih mulia” dan “mukmin yang kuat itu lebih utama”, serta mentradisikan memberi dan sedekah – yang merupakan intisari Islam [rahmatan lil ‘alamin] – sebagai nilai hidupnya “memberi makin banyak, makin baik; sedekah lebih banyak, lebih baik.”

Metodologi Pesantren Nihadlul Qulub

Pesantren Nihadlul Qulub merumuskan metodologi yang tidak seperti biasa dilihat dalam buku-buku ajar. Di sini, metodologi pendampingan santri justru mengacu pada sikap yang mesti menjiwa dalam santri dikorelasikan dengan khazanah lingkungan yang ada di pesantren murah ini.

Mandiri

Adalah suatu sikap yang paling mendasar yang harus mempribadi bagi seorang santri untuk kehidupan di masa mendatangnya.

Kemandirian lahir dari peningkatan kapasitas diri secara istikomah dan profesionalitik bagi wujudnya kepercayaan diri [confidence] dan harga diri [self esteem] yang terukur dan membukti.

Mandiri dibangun sebagai sikap kunci bagi kemapanan perilaku inter-dependensi dan inter-koneksi dalam realitas kehidupan era milenial yang terkoneksi-terbangun dalam struktur lintas batas bahkan tanpa-sekat.

Merdeka

Adalah suatu sikap asasi bagi seorang santri dalam berkiprah dan berkarya dalam kemanfaatan praksis secara bebas dan bertanggung jawab.

Kemerdekaan dipupuk melalui keteguhan hati dalam latihan memberikan yang terbaik yang bisa dilakukan dan kerelaan memperbaiki serta meningkatkan karya dari sisi kualitas dan kuantitasnya.

Experiencing atau Mengalami

Mengalami dan terlibat langsung merupakan kunci pembentukan karakter yang sangat powerfull. Melalui mengalami dan keterlibatan, seluruh daya saraf, mulai saraf afeksi, kognisi, sampai motorik santri hidup untuk mencerna dan menyerap suatu konsep atau nilai.

Pendidikan seluruh saraf ini merupakan strategi kunci untuk menyatukan tiga ranah, yaitu individu, konsep atau nilai, dan realitas empirik.

Mentoring

Adalah strategi pendidikan yang memosisikan santri sebagai subyek-didik dan ustadz sebagai pemandu atau teman kolaborasi.

Mentoring menghidupkan kemandirian dan kemerdekaan santri dalam bereksplorasi secara bertanggung jawab dan argumentatif.

Mentoring mengondisikan tahap demi tahap suatu proses karya-santri dapat diukur dan hasil dari eksplorasi santri dapat terus bertumbuh-kembang.

Outdoor di pesantren murah

Adalah metodologi pendidikan dan pemberdayaan santri luar-ruang dengan fokus memaslahatkan alam semesta [natural resources] sekaligus menyatu bersama khazanahnya.

Udara-segar yang murni dan mata air sejuk yang alami serta lembah hehijauan kaki Gunung Slamet yang hening sekaligus bening merupakan berkah semesta dari Allah swt. yang sangat fresh luar biasa untuk pendidikan intelektual, emosional, spiritual, dan fisikal santri. Kualitas alam semesta ini begitu melimpah sebagai sumber [resources] sekaligus perangkat [tools] pemberdayaan santri.

Keberlimpahan fasilitas di pesantren murah ini justeru tidak mudah didapat di tempat pendidikan lain, utamanya di kota-kota besar yang rapat-padat, penuh polusi, dan bising.

Penerimaan Santri Baru

Pada Tahun Ajaran 2023/2024 ini pesantren murah ini membuka kelas khusus: Kelas Santripreneur.

Kelas santripreneur adalah program pendidikan yang berorientasi pada kualitas santri yang memahami keagamaan plus memiliki skill bisnis dan wirausaha. Outcome kelas santripreneur berorientasi da’wah bil hal kepada masyarakat, yaitu santri yang mandiri secara ekonomi dan mampu menjadi pendakwah serta pendamping masyarakat.

Sebagaimana kita tahu, untuk menjadi wirausahawan atau pebisnis, ada beberapa bidang yang perlu dikuasai, antara lain: marketing, produksi, manajemen keuangan, dan distribusi. Pada penerimaan santri baru, Kelas Santripreneur  fokus kepakaran skill di bidang marketing, yaitu Digital Marketing.

Penerimaan Santri Baru: Kelas Santripreneur Digital Marketing 2023/2024

Pada penerimaan santri baru Tahun Ajaran 2023/2024 ini, pesantren murah ini membuka penerimaan santri baru secara terbatas, hanya untuk 20 santri putra usia SMA (15 tahun) ke atas. Angkatan kelas ini akan berlangsung selama tiga tahun, sebagai persyaratan memeroleh Ijazah SLTA.

Pada tahun pertama, adalah fokus di pendidikan, baik pendidikan kepesantrenan, mindset dan karakter, maupun skill digital marketing.

Pada tahun kedua, para santri baru diperbolehkan mengaplikasikan skill dasarnya untuk mulai membantu bisnis masyarakat melalui digital marketing. Dikoordinasi oleh Pesantren, santri membantu digital marketing untuk bisnis Anda sambil tetap mondok.

Pada tahun ketiga, santri baru dapat dibimbing untuk mengembangkan skill digital marketingnya untuk berkiprah secara profesional, pun santri mengerjakannya di pesantren. Termasuk di sini, santri diarahkan untuk memiliki perusahaan legal sendiri.

Materi Pendidikan

I. Materi Kepesantrenan, meliputi:

  1. Tahfidzul Qur’an
  2. Akidah
  3. Akhlak
  4. Fikih
  5. Bahasa Arab.

II. Materi Mindset dan Karakter

  1. Teknologi Ruh
  2. Tirakatan.

III. Materi Digital Marketing

  1. Pemrograman
  2. Web Development
  3. SEO, dll.

Syarat Administratif

  1. Ijazah SLTP atau sederajat.
  2. Akte Kelahiran
  3. Foto Diri Terbaru
  4. KK Calon Santri
  5. KTP Ayah-Ibu
  6. Mengisi Formulir Pendaftaran
  7. Bukti Transfer

Beasiswa pesantren gratis

  • Bagi santri yatim-dluafa dilengkapi dengan SKTM.
  • Bagi yang tidak sesuai kriteria di atas namun bermaksud mengikuti kelas santripreneur, dapat berkoordinasi dengan panitia.

Pendaftaran pesantren murah

Pendaftaran santri baru: 20 Februari – 20 Maret 2023

Administrasi pendaftaran sebesar Rp 150.000,-. Pendaftaran pesantren murah ini dapat dilakukan melalui link berikut ini: Isi Dokumen Pendaftaran

Ujian Seleksi Santri Baru: 4 April 2023

Pengumuman: 11 April 2023.

Daftar Ulang Santri Baru: 12-20 April 2023.

Infak Pembangunan sebesar Rp 2.000.000,-,  plus biaya rutin untuk 1 bulan pertama.

Biaya Rutin: Rp 500.000 per bulan,

Biaya Pendidikan Rp 200.000 per bulan.

Rekening:

Bank MANDIRI.

139 00 2323 5975.

Yayasan Nihadlul Qulub.

Konfirmasi: Ust. Sophal Jamil: 0857 2870 0594.*

——————————

Anda dapat melihat salah satu aktivitas pesantren gratis ini di tautan berikut: Aktivitas Ponpes Nihadlul Qulub.

Terkait artikel-artikel lain, seperti opini seputar keagamaan, kepesantrenan, pengembangan diri, termasuk perihal teknologi milenial; silahkan klik tautan ini: Blog Nihadlul Qulub.

Bagi Anda yang ingin mengetahui kilasan buku self development karya pengasuh pesantren, dapat dikroscek di tautan ini:

  1. Resensi Buku TEKNOLOGI RUH: Panduan Teknis untuk Mengawal Masa Depan
  2. Ulasan Buku TEKNOLOGI RUH: Panduan Teknis Mengawal Masa Depan

Dipersembahkan oleh TE-PPNQ ® 2023

[Tim Editor Pondok Pesantren Nihadlul Qulub]

Jl. Soka, RT. 01/01 Desa Moga

Moga, Pemalang, Jawa Tengah

WA. 0821 1706 8566

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Via Whatsapp
CS Kami
Tertarik Untuk Mengikuti Program Kami??
Buruan Chat Kami :)